10 Batu Permata Termahal di Dunia

Batu permata merupakan kekayaan alam yang digunakan oleh manusia untuk menggambarkan kekayaan ataupun status sosial. Di dunia ini ada banyak macam batu permata dengan berbagai warna dan kelangkaan. Semakin langka dan indah suatau batu permata maka harganya juga akan semakin tinggi. Berikut adalah 10 batu permata termahal di dunia:

10. Jeremejevite
Batu permata satu ini pertama kali ditemukan di Serbia. Penemunya adalah Pavel Vladimirovich Eremeev. Batu permata ini kebanyakan berwarna biru atau kuning tapi barusan ini ditemukan yang berwarna putih dan tidak berwarna. Harga untuk tiap karatnya adalah USD 2,000.

9. Opal Hitam
Ada banyak macam opal yang dijual di pasaran tapi hanya opal hitam yang paling langka dan paling mahal. Opal adalah batu permata Australia. Dikatakan demikian karena Australia memasok 97% dari total kebutuhan opal di dunia. Harga yang dipatok untuk opal hitam adalah USD 2,355 setiap karat.

8. Bixbite
Bixbite pertama kali ditemukan di Utah oleh Lamar Hodges saat dia sedang mencari uranium dan melihat batu berwarna merah. Bixbite hanya ditemukan di beberapa tempat di Utah dan New Mexico. Harga untuk bixbite mencapai USD 10,000 per karatnya.

7. Musgravite
Batu permata ini dinamakan musgravite karena pertama kali ditemukan di daerah bernama Musgrave di Australia. Saat ini musgravite dapat ditemukan di beberapa daerah seperti Greenland, Sri Lanka dan Madagaskar. Harga musgravite mencapai USD 35,000 tiap karat.

6. Painite
Painite merupakan batu permata yang berbentuk segi enam dan berwana cokelat merah atau cokelat orange. Batu permata ini ditemukan oleh Arthur C. Pain. Untuk harga painite adalah USD 50,000 hingga USD 60,000 setiap karatnya.

5. Grandidierite
Grandidierite adalah batu permata yang pertama kali ditemukan di Sri Lanka. Penemu batu permata satu ini adalah Alfred Grandidier, seorang arkeolog dan gemolog terkenal. Grandidierite dapat memancarkan sinar berwarna hijau, biru dan putih. Harga grandidierite adalah USD 100,000 per karat.

4. Garnet Biru
Dari berbagai macam garnet yang dijual di pasaran, garnet biru adalah yang paling mahal. Garnet biru pertama kali ditemukan di Madagaskar. Harganya mencapai USD 1.5 juta tiap karat.

Gambar batu permata serendibite


3. Serendibite
Serendibite merupakan batu permata yang umumnya berwarna abu - abu biru dan biru hijau. Serendibite hanya ditambang di 2 tempat di bumi ini yaitu Sri Lanka dan Burma. Harga untuk serendibite adalah USD 1.8 - 2 juta setiap karatnya.

2. Berlian Merah
Berlian merah adalah batu permata yang sangat langka. Berlian merah ini ditemukan di Australia dengan jumlah yang sedikit. Warna batu permata ini adalah merah keungu - unguan. Harga berlian merah adalah USD 2 sampai USD 2.5 juta per karatnya.

1. Jadeite
Jadeite merupakan batu permata yang kebanyakan berwarna hijau. Batu permata ini banyak ditemukan di daerah Guatemala. Harga jadeite mencapai USD 3 juta tiap karatnya.

Baca Juga: 10 Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi