10 Terowongan Bawah Air Terpanjang Di Dunia

Terowongan bawah air merupakan salah satu mahakarya manusia. Untuk membuat terowongan biasa saja sudah membutuhkan perhitungan yang rumit apalagi membuat terowongan yang letaknya di bawah air. Para insiyur juga harus memperhitungkan tentang tekanan air, bahan yang digunakan, cara membangunnya dan masih banyak lagi. Terowongan bawah air menjadi penting untuk dibuat karena 71% permukaan bumi kita ini adalah air.

Mari kita simak 10 terowongan bawah air terpanjang di dunia dibawah ini:

Terowongan Bawah Air Thames

10. Thames Tunnel
Terowongan Thames pertama kali dibuka pada tahun 1843 yang menjadikannya terowongan bawah air tertua di dunia. Terowongan ini terletak di bawah sungai Thames di London, Inggris. Panjanga terowongan bawah air ini adalah 0.4 km.

Terowongan Sydney Harbour

9. Sydney Harbor Tunnel
Terowongan resmi dibuka pada tahun 1992 yang menghubungkan Warringah Freeway dan Eastern Distributor. Panjang terowongan Sydney Harbor mencapai 2.8 km.

Terowongan Bawah Laut Vardo

8. Vardo Tunnel
Terowongan Vardo terletak di Norwegia yang mana terowongan ini menghubungkan Pulau Vardoya dan Svartnes di Semenanjung Varanger. Terowongan Vardo memiliki panjang 2.9 km.

Terowongan Severn

7. Severn Tunnel
Terowongan Severn menghubungkan South Gloucestershire hingga Monmouthshire melalui Sungai Severn di Inggris. Terowongan ini panjangnya mencapai 3.62 km.

Terowongan Bawah Laut North Cape

6. North Cape Tunnel
North Cape merupakan terowongan bawah laut yang terletak di Nordkapp Municipality, Norwegia. Terowongan ini terletak di bawah Selat Magerøysundet. Panjang terowongan North Cape adalah 6.8 km.

Terowongan Bawah Laut Eiksund

5. Eiksund Tunnel
Masih di Norwegia, terdapat terowongan Eiksund yang panjangnya mencapai 7.7 km. Terowongan ini menghubungkan Pulau Hareidlandet dengan Pulau Eika.

Terowongan Bawah Laut Bomlafjord

4. Bomlafjord Tunnel
Bisa dikatakan bahwa terowongan Bomlafjord adalah salah satu proyek besar Norwegia. Terowongan ini direncanakan untuk menyambung Pulau Stord, Pulau Bomlo dan Pulau Fittjar. Terwongan Bomlafjord panjangnya mencapai 7.8 km.

Terowongan Bawah Laut Tokyo Bay Aqua

3. Tokyo Bay Aqua Line
Tokyo Bay Aqua berlokasi di sepanjang teluk Tokyo di Jepang. Pembangunan terowongan ini untuk menghubungkan Kota Kawasaki dengan Kota Kisazaru. Terowongan bawah laut ini panjangnya hingga 15 km.

Terowongan Bawah Laut Channel

2. Channel Tunnel
Terowongan ini menghubungkan 2 negara yaitu Inggris dengan Prancis. Pertama kali diresmikan pada tahun 1994 oleh Ratu Elizabeth II. Terowongan Channel diperuntukkan bagi kereta barang dan penumpang. Panjang terowongan bawah laut ini mencapai 37.9 km.

Terowongan Bawah Laut Seikan

1. Seikan Tunnel
Terowongan Seikan adalah terowongan bawah laut terpanjang di dunia. Terowongan ini berlokasi dibawah Selat Tsugaru di Jepang. Terowongan bawah laut ini menghubungkan Pulau Hokaido dengan Prefektur Aomori. Panjang terowongan Seikan adalah 53.9 km.