10 Jembatan Tertinggi di Dunia

Jembatan pada umumnya menghubungan 2 tempat agar dapat dilalui. Biasanya jembatan dibangun di atas sungai dan beberapa tempat tinggi seperti pegunungan. Jembatan yang dibangun di pegunungan ternyata memiliki jarak yang jauh dari daratan atau sungai di bawahnya. Berikut ini adalah 10 jembatan tertinggi di dunia:

10. Jembatan Beipanjiang
Jembatan Beipanjiang merupakan jembatan kereta tertinggi di dunia untuk saat ini. Jembatan ini dibangun untuk Shibui Railway. Tinggi jembatan Beipanjiang mencapai 275 meter.

9. Jembatan Royal George
Tinggi jembatan Royal George adalah 291 meter. Jembatan ini dapat di temukan di Canon City di Colorado, U.S. Dibangunnya jembatan ini hanyalah untuk menarik turis.

8. Jembatan Sungai Zhijinghe
Jembatan sungai zhijinghe merupakan jembatan lengkung tertinggi di dunia. Jembatan ini menghubungkan terowongan ke terowongan agar dapat mencapai kota Yesanguan dan Dazhiping di RRC. Tinggi jembatan sungai zhijinghe adalah 294 meter.

7. Jembatan Liuguanghe
Jembatan ini dinamakan Liuguanghe karena berdekatan dengan kota dengan nama yang sama di RRC. Jembatan Liuguanghe memiliki tinggi 297 meter.

6. Jembatan Sungai Beipanjiang
Berbeda dengan jembatan Beipanjiang sebelumnya, jembatan ini merupakan suspension bridge. Tercatat ketinggian jembatan ini mencapai 318 meter.

Gambar jembatan Aizhai

5. Jembatan Aizhai
Jembatan Aizhai pernah digunakan sebagai tempat internationa BASE jumping festival. Jembatan Aizhai memiliki ketinggian 350 meter.

4. Jembatan Sungai Beipanjiang
Satu lagi jembatan sungai Beipanjiang dalam daftar ini. Jembatan sungai Beipanjiang yang satu ini terletak di Xingbeizhen, RRC. Bila anda perhatikan sungai beipanjiang adalah satu - satunya sungai di dunia yang dikelilingi jembatan tertinggi di dunia. Jembatan satu ini memiliki ketinggian 366 meter.

3. Jembatan Sungai Balinghe
Panjang jembatan sungai Balinghe mencapai 1,088 meter dan tingginya mencapai 370 meter. Panjang yang mencapai 1,088 meter katanya disengaja karena jembatan sungai Balinghe diharapkan membawa keberuntungan.

2. Jembatan Saluran Pipa Minyak Hegigio George
Jembatan ini terdapat di Papua Nugini. Untuk mencapainya harus menempuh perjalanan sejauh 700 km. Untuk melewatinya juga memerluka izin dari perusahaan minyak yang memilikinya. Jembatan Hegigio George memiliki ketinggian 393 meter dan panjang 470 meter.

1. Jembatan Sungai Sidu
Keunikan jembatan sungai Sidu adalah memiliki panjang dan tinggi yang sama yaitu 496 meter. Jembatan ini mempermudah akses dari Shanghai ke kota Chongqing dan Chengdu menjadi 5 jam dari 1 hari.