10 Negara Dengan Air Keran Terbaik

Air bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia yang tidak dapat tergantikan. Dikatakan bahwa manusia bisa hidup selama 40 hari tanpa makan akan tetapi bisa mati dalam 3 hari bila tidak minum air. Tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua air di bumi ini bisa diminum oleh manusia. Syarat utama air yang bisa diminum oleh manusia adalah tidak berasa, tidak berwarna dan tidak berbau. Beberapa negara didunia sadar akan pentingnya air tersebut sehingga berusaha untuk menyediakan fasilitas air bersih yang bisa diminum.


Air di Selandia Baru

10. Selandia Baru
Sebagai salah satu negara yang memiliki air terbersih dan teraman di dunia, sehingga air dari keran di Selandia Baru termasuk yang bisa dikonsumsi.

Air di Jerman

9. Jerman
Negara ini dikenal selalu mengutamakan standar kualitas yang tinggi termasuk juga dalam mengelola airnya.

Air di Swedia

8. Swedia
Di Swedia terdapat 2 buah pabrik pengelolaan air yang selalu memenuhi kebutuhan air bersih di ibu kota, Stockholm. Kedua tempat pengelolaan tersebut dikatakan memiliki teknologi terbaru dalam hal pengelolaan air.

Air di Inggris

7. Inggris (UK)
Inggris menjadi salah satu negara yang menyediakan air keran siap minum karena mengikuti peraturan dari UE (Uni Eropa) dan saran dari WHO (World Health Organization).

Air di Italia

6. Italia
Pemerintahaan Italy sangat memperhatikan kebersihan air di negaranya. Mereka melakukan tes rutin untuk memastikan kualitas airnya tetap terjaga.

Air di Austria

5. Austria
Air di negara ini umumnya berasal dari mata air yang dikelolah oleh pemerintah. Austria juga mengeluarkan undang - undang yang mengharuskan rakyatnya mengambil air minum dari fasilitas pengelolaan air yang dijalankan oleh pemerintah.

Pemandangan di Prancis

4. Prancis
Prancis merangkul pihak swasta untuk menjamin kebersihan air keran di negaranya. Salah satu perhatiannya adalah kandungan bakteri di dalam air keran yang harus selalu rendah.

Air di Luxemburg

3. Luksemburg
Negara ini terkenal memiliki air keran yang baik untuk diminum karena air yang berasal dari mata air disaring dengan sistem ultrafiltration.

Mata Air di Norwegia

2. Norwegia
Selain melakukan pemeriksaan rutin akan kualitas air untuk diminum, Norwegia juga memiliki program untuk melindungi air tanah.

Air di Swiss

1. Swiss
Swiss adalah negara terbaik dalam penyediaan air minum berkualitas tinggi bagi rakyatnya. Kualitas air di negara ini dikatakan sama dengan air mineral botolan yang dijual akan tetapi harganya jauh lebih murah.