10 Game Dengan Biaya Pembuatan Termahal

Yang namanya industri pasti akan melibatkan uang dalam jumlah yang sangat banyak di dalam aktivitasnya. Industri hiburan bisa dikatakan sebagai salah satu industri yang menghabiskan banyak uang. Beberapa studio di Hollywood rela menghabiskan jutaan bahkan milyaran dolar untuk membuat satu film. Tetapi sekarang ini bukan hanya film saja yang dibuat dengan budget besar, di dunia game banyak game baru yang juga melibatkan banyak uang dalam pembuatannya. Di bawah ini adalah 10 game yang menghabiskan biaya besar dalam pembuatannya:

Cover Depan Kaset Game Final Fantasy XII

10. Final Fantasy XII
Final Fantasy XII diperkenalkan ke publik pada tahun 2006 sebagai game ke-12 dari seri Final Fantasy. Pembuatan Final Fantasy XII menghabiskan biaya USD 48 juta.

Gambar dari Game LA Noire

9. LA Noire
LA Noire adalah game yang mengambil setting tempat di Los Angeles pada tahun 1947. Biaya yang digunakan untuk pengembangan game ini mencapai USD 50 juta.

Halo 3: Warhammer Guard

8. Halo 3
Halo 3 merupakan game buatan Bungie dan bekerja sama dengan Microsoft untuk mempublikasikannya. Total biaya yang dikeluarkan Bangie untuk membuat Halo 3 sebesar USD 55 juta.

Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots Cover

7. Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots
Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots memakan biaya USD 60 juta dalam pembuatannya yang kabarnya memakan waktu lebih dari 4 tahun.

Too Human Game Poster

6. Too Human
Game ini pada tahun 2008 mendapatkan masalah besar sehingga mengalami 'over budget'. Developer game "Too Human", Silicon Knights, tidak mau melanjutkan pembuatannya walaupun sudah setengah jalan menyebabkan biaya yang keluarkan membengkak menjadi USD 65 juta.

Shenmue Wallpaper

5. Shenmue
Shenmue bisa dikatakan sebagai game 'flop'. Game ini dirilis pada tahun 1999 untuk Sega Dreamcast dan menghabiskan dana sebesar USD 70 juta. Shenmue menawarkan fitur yang lebih menarik dari pada game lain di jamannya akan tetapi tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Spanduk Gran Turismo 5

4. Gran Turismo 5
Gran Turismo 5 dari namanya dapat dilihat bahwa game ini adalah seri kelima dari Gran Turismo dan juga membutuhkan 5 tahun untuk mengembangkannya. Gran Turismo 5 total menghabsikan USD 80 juta.

Halo 4 Cover

3. Halo 4
Demi meneruskan sukses seri sebelumnya, anggaran dana pembuatan Halo 4 dikucurkan hingga USD 100 juta. Dan hasilnya Halo 4 juga meraih kesuksesan besar.

Gambar dari Game Grand Theft Auto V

2. Grand Theft Auto V
Rockstar sebagai developer Grand Theft Auto V diperkirakan mengeluarkan dana yang cukup besar sekitar USD 137 juta. Tetapi semua itu terbayar karena game ini sukses di pasaran.

Baliho Star Wars: The Old Republic di E3 2011

1. Star Wars: The Old Republic
Game dengan biaya pembuatan termahal adalah Star Wars: The Old Republic. Game yang mengusung genre MMORPG ini dirilis pada tahun 2011 dan untuk pembuatannya menghabiskan biaya sebesar USD 200 juta.