10 Bank Terbesar di Dunia

Berbicara tentang bank pasti berkaitan dengan uang. Bank dinyatakan sebagai tempat penyimpanan uang paling aman. Dewasa ini hampir setiap orang menyimpan uangnya di bank kepercayaannya. Ap benar bank selalu aman? Melihat kebelakan, banyak juga bank yang mengalami kebangkrutan dan tidak dapat mengembalikan uang nasabahnya. Tapi kalau melihat daftar bank berikut beserta jumlah aset yang dimiliki, para nasabahnya akan merasa cukup aman. Berikut adalah daftar 10 bank terbesar di dunia dilihat dari total aset yang dimiliki:

Anak Cabang Bank of America

10. Bank of America
Bank of America berpusat di Charlotte, North Carolina. Dikatakan sebagai perusahaan perencana keuangan terbesar di dunia setelah bank ini membeli salah satu perusahaan keuangan terkenal di America, Merrill Lynch. Pembelian tersebut terjadi pada tahun 2008 lalu. Total aset Bank of America adalah USD 2.1 triliun.

Menara JP Morgan Chase

9. JP Morgan Chase
JP Morgan Chase adalah bank terbesar di U.S. dan perusahaan publik terbesar kedua di dunia. Bank satu ini meliputi berbagai macam jenis jasa termasuk juga hedge funds. JP Morgan Chase memiliki aset dengan jumlah USD 2.3 triliun.

Bank RBS

8. The Royal Bank of Scotland
Satu lagi bank terbesar di dunia yang bertempat di Inggris. The Royal Bank of Scotland atau biasa disingkat RBS ini adalah bank miliki pemerintah Inggris. Ada beberapa bank yang juga di bawah kendali RBS. Total aset yang dimiliki RBS mencapai USD 2.3 T.

Kantor Pusat The Barclays Group

7. The Barclays Group
Bagi anda pecinta bola apalagi Liga Inggris mungkin sering melihat lambang bank yang satu ini. Barclyas adalah sponsor utama untuk English Premier League. Bank satu ini memiliki aset dengan total USD 2.4 triliun.

Credit Agricole adalah bank terbesar di Prancis

6. Credit Agricole
Credit Agricole temasuk dalam jenis bank retail. Credit Agricole juga menjadi bank terbesar di Prancis dan bank terbesar kedua di Eropa. Credit Agricole juga pernah dinobatkan sebagai peusahaan terbesar kedua di dunia. Bank memiliki jumlah nasabah 21 orang lebih ini memiliki aset sebesar USD 2.4 triliun.

Mitsubishi UFJ Financial Group di Tokyo

5. Mitsubishi UFJ Financial Group
Bank ini merupakan salah satu perusahaan induk dari Mitsubishi Group. Mitsubishi UFJ adalah bank terbesar kedua di dunia dalam kepemilikan deposito. Aset yang dimiliki bank ini mencapai USD 2.4 triliun.

Bank ICBC di Tianjin

4. Industrial and Commercial Bank of China
Industrial and Commercial Bank of China atau yang biasa disingkat dengan ICBC merupakan bank terbesar di dunia jika dilihat dalam hitungan untung dan modal. ICBC merupakan bank milik pemerintahan China. Bank ini memiliki aset dengan jumlah USD 2.4 triliun.

Bank BNP Paribas

3. BNP Paribas
BNP Paribas adalah bank asal Paris tetapi pusatnya di London. Bank ini merupakan hasil merger dari Paribas dan Banque Nationale de Paris. BNP Paribas memusatkan kegiatannya untuk investasi dan retail. Total asetnya mencapai USD 2.5 triliun.

Menara HSBC

2. HSBC
HSBC adalah bank yang berkantor pusat di Inggris. Bank ini pertama kali didirikan di China pada tahun 1865. HSBC merupakan singkatan dari Hong Kong and Shanghai Banking Corporation. Bank ini memiliki aset sebesar USD 2.6 triliun dan sudah memasuki 85% dari total negara di dunia.

Deutsche Bank di Frankfurt, Jerman

1. Deutsche Bank
Deutsche bank terletak di Jerman. Kantor pusatnya berada di Twin Tower di Frankfurt. Deutsche Bank merupakan bank terbesar di dunia dengan total aset mencapai USD 2.8 triliun.