10 Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai merupakan salah satu ciptaan Tuhan yang sangat indah. Hampir di setiap negara di dunia memiliki sungai. Sungai begitu menakjubkan karena membelah suatu daratan dan memberikan banyak manfaat bagi manusia. Bermula di dataran tinggi hingga akhirnya sungai sampai ke lautan. Begitu panjangnya jarak yang harus ditempuh oleh sungai dari dataran tinggi hingga sampai ke laut membuat beberapa sungai panjangnya mencapai ribuan kilometer. Di bawah ini adalah 10 sungai terpanjang di dunia:

Pemandangan Sungai Amur

10. Amur
Sungai Amur terletak di perbatasan antara China dan Rusia. Panjang Sungai Amur diperkirakan mencapai 4,444 Km.

Sungai Terpanjang di Afrika Tengah

9. Congo (Chambeshi)
Sungai Congo dijadikan sebagai jalur perdagangan di Afrika Tengah. Terdapat beberapa air terjun di sungai ini. Sungai Congo juga terkenal sebagai sungai terdalam di dunia. Panjang sungai ini adalah 4,700 Km.

Sungai Prana di Amerika Selatan

8. Parana (Rio de La Plata)
Sungai terbesar kedua yang ada di Amerika Selatan. Sungai Parana melewati 3 negara yaitu Brazil, Paraguay dan Argentina. Panjang sungai Parana adalah 4,880 Km.

Ob Irtysh di Rusia

7. Ob Irtysh
Sungai Ob Irtysh terdapat di negara Rusia. Sungai ini merupakan sungai terpanjang yang hanya melewati Rusia. Panjang sungai ini hingga 5,410 Km.

Sungai Kuning di China

6. Huanghe
Sungai Haunghe juga dikenal dengan sebutan Sungai Kuning. Sungai ini adalah sungai terpanjang kedua yang ada di China. Panjang Sungai Huanghe adalah 5,464 Km.

Kota Krasnoyarsk di Sungai Yenisei

5. Yenisei
Sungai Yenisei terletak di Rusia. Sungai ini memiliki banyak cabang sehingga menutupi sebagaian besar dari Siberia.  Sungai Yenisei memiliki panjang 5,539 Km.

Sungai Terpanjang di Amerika Utara

4. Mississippi
Sungai Mississippi adalah sungai terpanjang di Amerika Utara. Sungai ini melewati beberapa negara bagian di U.S. Panjang sungai yang juga melewati kota New Orleans dan Memphis ini mencapai 6,275 Km.

Sungai Terpanjang di China

3. Yangtze
Selain sungai Huanghe, China juga memiliki sungai Yangtze. Sungai Yangtze atau Sungai Biru merupakan sungai terpanjang di China. Sungai ini membentang dari Utara hingga Selatan China yang panjangnya mencapai 6,300 Km.

Sungai Amazon

2. Amazon
Sungai Amazon adalah sungai yang kaya akan air mineral. Sungai ini diperkirakan membawa 1/5 air mineral bersih di dunia. Saat musim hujan lebar sungai ini bisa mencapai 40 Km. Sungai Amazon memiliki panjang 6,400 Km dan melewati 5 negara di Amerika Selatan.

Sungai Nile

1. Nile
Sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Nile dengan panjangnya mencapai 6,650 Km. Sungai ini menjadi sumber daya alam yang sangat penting bagi negara yang dilaluinya. Seperti di Uganda, sungai ini dijadikan sebagai pembangkit listrik dan di Mesir sungai ini sangat penting karena bisa menyuburkan tanah.